Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


adakah jalan bagi air untuk mengalir ?

April 22, 2010
Filed under: Articel — ajiksujoko @ 1:18 pm

Begitu banyak proyek yang cukup prestisius dilakukan oleh pemerintah. Tentunya harapan dari proyek tersebut setidak-tidaknya akan menuai keuntungan dari segi sosial maupun ekonomi di masa mendatang. Jikalau harapannya menuai keuntungan di masa mendatang itu biasa disebut investasi. Berbagai macam investasi pemerintah yang melihat jangka panjang. Seperti membuat jembatan, jalan tol, gedung, bahkan membuat daerah baru mungkin dianggap sebagai peluang investasi bagi pemerintah daerah tersebut. Jalan air, katakanlah kali (=Jawa) atau sungai merupakan investasi yang mendukung sosial mapun ekonomi suatu negara. Banyak negara berjaya karena punya banyak sungai. Bahkan di jaman kerajaan pun, banyak kerajaan yang menggunakan sungai untuk mengatur strategi perang, bahkan sangat mendukung kegiatan sosial ekonomi mereka.

Air, ya itu namanya. Orang bilang “biar kan mengalir seperti air – Bengawan Solo”. Sangat dibutuhkan banyak makhluk, namun juga bisa membuat bencana banyak makhluk. Sudah banyak bencana seperti banjir, rob dan tsunami. Dari bencana tersebut sebagian materi yang dominan adalah air. Adakah yang salah dengan air ? Tak adakah jalan bagi air untuk mengalir ?

Sepertinya pertanyaan yang kedua tersebut cukup untuk membuat penelitian bagi ahli dari berbagai bidang untuk mengkaji lebih lanjut. Mengapa bisa banjir ?. Tentu banyak yang bisa dijawab. Dari ahli lingkungan mengatakan “demikian”, dari ahli tata ruang mengatakan “demikian” dan banyak jawaban para pakar/ahli. Sudahkan beliau-beliau para ahli yang berkompeten baik secara ilmu maupun kelembagaan “bukan hanya memikirkan”, namun mengupayakan jalan bagi air untuk mengalir ? Saya yakin, baik secara kelembagaan (pemerintah), banyak program pemerintah yang sudah menjawab pertanyaan kedua tadi. Namun, hasilnya ?…saya kurang begitu yakin. Asumsi saya selama masih ada banjir, rob, bahkan kekeringan/kekurangan air pun tentu program pemerintah yang sudah dilakukan kurang menuai hasil yang diharapkan.

Kembali pada permasalahan program prestisus / “wah” oleh pemerintah, prioritas untuk mengatur air di sungai kurang terencana. Hal ini wajar, karena air yang mengalir di sungai bisa melewati batas administrasi berbagai daerah. Bisa antar Kabupaten/Kota bahkan antar Propinsi. Bengawan Solo contohnya dari hulu sampai ke hilir. Airnya mengalir lintas daerah administrasi pemerintahan. Kalau air Bengawan Solo sampai meluap, mau menyalahkan siapa? Kalau di daerah Kota/Kabupaten di wilayah pesisir terjadi rob, mau menyalahkan siapa?.

Membuat atau memperbaiki fungsi jalan bagi air agar air mengalir merupakan alternatif usulan. Banyak sungai yang sudah tidak layak berfungsi sebagai jalan bagi air. “Layak” disini diartikan berperan semestinya. Sungai/kali merupakan salah satu jalan bagi air. Kalau ada proyek membuat jalan tol (untuk dilewati kendaraan), pernahkah ada proyek membuat proyek jalan tol (untuk jalan air) ? Kalau ada proyek perbaikan jalan raya, adakah proyek perbaikan jalan air ?.

Taruhlah ada jalan di sekitar pantura, begitu diterjang banjir, rusaklah jalan tersebut. Mengapa ? tentunya jalan bagi ia (air) tidak diperhatikan.

Investasi sungai agar berfungsi semestinya, merupakan investasi yang patut dilaksanakan pemerintah dan masyarakat. Investasi ini perlu direncakan oleh berbagai pihak. Tentunya ‘beliau-beliau’ yang cukup berkompeten. Perencanaan investasi ini perlu memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah baik, Nasional mapuan daerah (Propinsi/Kabupaten/Kota).

Orientasi mengfungsikan jalan air bagi Daerah sepertinya kurang prioritas. Baru ketika ada pemilihan calon Kepala Daerah, isu mengatasi masalah banjir, rob, tuntutan menangani isu tersebut sangat familiar. Nah, kalau begitu, apakah perlu adanya keputusan politik agar air dapat mengalir ?

Tentunya ya. dan IYA.

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura