Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


Perlukah Kuliah Hukum Laut Ke Luar Negeri ?

April 23, 2010
Filed under: Articel — ajiksujoko @ 2:20 pm

Kuliah dalam artian belajar di Perguruan Tinggi terdiri tiga jenjang : S1, S2 dan S3. Banyak Perguruan Tinggi yang membuka berbagai macam Fakultas, terutama Fakultas Hukum. Di Luar Negeri minat calon mahasiswa yang akan masuk di Fakultas Hukum (Faculty of Law) cukup tinggi dan menjadi Fakutas Favorit.

Berbeda dengan di Negeri ini, Fakultas Hukum sepertinya menjadi cadangan, bila tidak masuk/diterima di Fakultas Favorite. Katakanlah : Fakuktas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi.

Anehnya, meskipun dianggap kurang Favorite, banyak juga mahasiswa yang kuliah di Fakultas Hukum di berbagai Perguruan Tinggi. Entah, itu “bejo” atau “kepepet” atau “Bapak/Mbahne” kerja di Kejaksaan/Pengadilan/jadi Lawyer (Pengacara). Terlepas dari unsur “bejo” dan teman-temannya itu, lulusan Fakultas Hukum banyak memiliki prospek ke depan (maksudnya mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai keahliannya : ilmu hukum).

Mata Kuliah yang berkaitan dengan Hukum Laut masih cukup jarang di berbagai Perguruan Tinggi, khususnya di Jenjang Program S1. Mungkin mata kuliah tersebut “include”/masuk dalam mata kuliah Hukum Internasional atau mata kuliah lainnya. Memang, di sisi lain perkembangan hukum laut tidak begitu dominan bila dibanding dengan Hukum Pidana, Perkawinan, Korupsi, HAM dan lainnya.

Mencari Perguruan Tinggi di Jenjang S2 dengan konsentrasi bidang hukum laut pun langka, bahkan tidak ada. Konsentrasi Hukum Laut pernah ada di Undip, ketika tahun 2006 ada kerjasama dengan Diknas dengan membuka Program Beasiswa Unggulan (dengan konsentrasi HET  & Hukum Laut). Setelah itu tidak diperpanjang kembali.

Jika melihat secara historis-geografis dan kebutuhan di bidang hukum saat ini, Indonesia sangat membutuhkan ahli-ahli di bidang hukum laut. Secara historis, Indonesia merupakan negara Kepulauan. Yang menjadi “motor” agar ada ketentuan/pengaturan mengenai Negara Kepulauan salah satunya adalah Negara Indonesia. Tentunya tidak lepas dari peran Ir. Djuanda, Prof. Mochtar Kusumatmaja dan nama-nama lainnya yang kurang diketahui penulis. Bagaimana beliau-beliau memperjuangkan konsep negara Kepulauan sampai diakui di tingkat Internasional bukanlah hal yang mudah. Dengan konsep negara kepulauan inilah muncul istilah Wawasan Nusantara. Sekarang perkembangan hukum laut juga pesat, namun adakah Lawyer kita yang expert di bidang tersebut ? Nah, ini peluang bagi generasi muda, bagi yang ingin berkompeten dan memajukan bidang hukum terutama hukum laut.

Masih banyak perbatasan wilayah laut yang belum diselesaiakan dengan negara tetangga. Bagaimana kita mengatur eksplorasi & eksploitasi perusahaan minyak asing di wilayah laut kita ? Bagaimana ikan-ikan di ZEE kita dengan mudahnya diambil tanpa ijin oleh negara lain ? Dan masih banyak permasalahan yang sangat membutuhkan ahli di bidang hukum laut untuk memecahkan persoalan tersebut.

Bagaimana kita mau maju di bidang hukum laut ? Apa perlu kuliah hukum laut ke Luar Negeri ?

Ah, masak sih….

Kalau untuk perbandingan saya kira-2 sah-sah saja. Seyogyanya dan seharusnya materi hukum laut juga diajarkan di Fakultas Hukum dari Jenjang Program S1 sampai S3. Banyak hal yang dapat dipelajari mengenai laut (khususnya di bidang hukum laut). Di Negara Kepulauan Indonesia, banyak objek/hal yang dapat diteliti sebagai bahan Skripsi, Tesis maupun Desertasi.

SO…..?????

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura