Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


rokok & NGE-rokok/nge-ROK-ok/ngerok-OK

November 4, 2010
Filed under: Cerita Bebas — ajiksujoko @ 3:54 pm

Menikmati Udut (rokok) atau kata lain NGErokok/ngeROKok/ngerokOK dalam basa bakunya merokok hampir dari sekian juta manusia pernah melakukannya. Entah itu sekedar coba-coba atau memang sudah terbiasa ataupun kecanduan. Rokok memang barang yang cukup fenomenal bila dikaji dari berbagai sudut pandang. So pasti, paling getol adalah antara bidang kesehatan dan perusahaan rokok maupun pecinta rokok.

Dari bidang kesehatan, tentunya mereka dengan perangkat dan pecinta anti rokok yang sangat tidak setuju apa itu rokok maupun merokok dengan berbagai jenis merk. Mereka berdalil begitu banyak jenis racun yang terkandung dalam rokok dan asap rokok. Bagi perusahaan rokok dengan segenap karyawannya, sangat menggantungkan rokok sebagai barang dagangan yang menghasilkan income. Mereka juga punya dalil, toh kita juga menyumbangkan devisa yang tidak sedikit bagi negara, menghidupkan petani tambakau dan cengkeh, membuka lapangan kerja yang tidak sedikit. Bagi pecinta rokok, mereka adalah penikmat sejati sekaligus korban sejati rokok dan perusahaan rokok.

Begitu menariknya bila dikaji masalah rokok ini, sampai-sampai ada organisasi bertema rokok yang pro maupun kontra. Dan begitu besarnya organisasi ini, dari tingkat governmet maupun NGO sampai di tingkat internasional. Uih….gara-gara barang itu…rokok…Tentunya tidak mengherankan pro dan kontra mengenai rokok tetap terjadi.

Tulisan ini bukan menyinggung mengenai rokok dengan pro-kontranya. Hanya sekedar menulis biasa dilihat dari segi “guyonan”. Hal yang cukup unik, ada suatu negara yang mengharamkan rokok. Negara M katankanlah begitu. Namun, Negara I mau ikut-ikutan mengharamkan rokok. La wong, sama-sama baik di negara M dan I jumlah peminat/pecinta sejati rokok begitu banyak, bagaimana mungkin rokok mau diharamkan. Mungkin pertamanya tidak mungkin, namun lama-lama bisa mungkin (BISA MUNGKIN/MUNGKIN) juga….

AH…kalau sudah pegang itu (udut) rasanya “eman-eman” / sayang kalau tidak segera dinikmati (trus ngerokok).  Entah itu yang disekitar kita “sangat menyesal” bila mencium aroma ROKok. Memang “kepul” / “peluk” / asap rokok memiliki aroma tersendiri bagi indera pencium (hidung). Bagi hidungnya pecinta ROKok, aroma rokok dan ROKok begitu nikmat, gurih dan lain sebagainya. Namun, bagi “golongan lainnya” mungkin bikin nafas sesag, takut kena impoten dsb…..

Ada temen bilang,,,itu kakek saya dari kecil sampai sepuh merokok terus ya ga’ pa-pa…Tidak punya penyakit paru-paru…di rontgen juga so OK. Ada juga yang bilang, “aduh,,,lebih baik tidak makan daripada tidak meROKok”…Ada yang bilang : saya gak bisa berpikir kalau tidak merokok. Ada juga perusahaan yang menulis jelas dan besar “ora keno udut” di pintu utamanya. Ada juga kejadian gara-gara puntung rokok, SPBU bisa terbakar.

Pernah berkunjung ke salah satu perusahaan rokok. Ada temen yang bertanya :”Bagaimana bapak ini, banyak orang yang sakit gara-gara merokok, tapi perusahaan bapak tetap memproduksi rokok?”, Dengan santai sang bapak perusahaan ini menjawab :”La wong saya ini sudah memperingatkan “PERINGATAN PEMERINTAH merokok dapat menyebabkaban kanker,…. dst, namun mereka tetap merokok…” Bagi orang berduit/tak berduit bisa jadi terkena kanker entah itu kanker beneran atau kankernya kantong kering…

Banyak di kendaraan umum tertulis: KAWASAN KENDARAAN UMUM ADALAH KAWASAN TANPA ROKOK..banyak juga kampanye yang intinya anti rokok baik itu hanya selembar poster maupun media layanan elektronik. Sampai-sampai ada hari anti rokok sedunia.Hampir di setiap tempat umum (terminal, stasiun, bandara…dll) terdapat ruang khusus untuk merokok. Tapi, anehnya kalau di lingkungan sekitar tempat pendidikan formal (say…PT) malah tidak disediakan sama sekali ruang untuk pecinta ROKok..Meskipun disediakan atau tidak ruang khusus untuk merokok, toh..masih banyak dijumpai pecinta rokok sejati menikmati isapan rokoknya dengan santai, baik di tempat umum “end anywhere”……

Yah,,,itulah…rokok

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura