Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

January 2011
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


Sehat, Alami, Menyehatkan ? –> Sulit

January 12, 2011
Filed under: Articel — ajiksujoko @ 12:12 pm

Makanan dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup (eksis) makhluk hidup, khususnya manusia. Eksisnya manusia dapat dilihat seberapa jauh umur manusia. Semakin manusia memiliki umur panjang, asumsinya keberadaan manusia masih ada. Selain faktor X (takdir), umur panjang manusia juga dipengaruhi dari faktor konsumsi makanan dan lingkungan.

Harapannya, manusia tidak sekedar memiliki umur panjang juga sehat, tidak terkena penyakit. Semua orang  pasti menginginkan memiliki umur panjang dengan kondisi fisik yang sehat. Sebagai perbandingan , katakanlah orang yang hidup di daerah pegunungan desa/dengan daerah perkotaan. Jarang ditemui orang yang hidup di perkotaan dengan umur bisa mencapai 80 tahun. Kalaulah ada mungkin jarang dan kondisi fisiknya sudah lemah. Ada juga orang hidup di perkotaan memiliki kondisi fisik yang kuat, meskipun sudah usia lanjut. Di daerah desa/ khususnya pegunungan masih banyak dijumpai orang yang mencapai usia sampai 80 tahun bahkan lebih. Namun, tidak saja di desa/pegunungan maupun di kota dijumpai  orang yang mengidap penyakit yang cukup berat. Katakanlah, darah tinggi, jantung, stroke, kolesterol, ginjal, asam urat,dll. Hampir setiap hari mengkonsumsi sayur, tempe, daging, maupun makanan yang konon 4 sehat bahkan plus 5 sempurna pun, tau-tau masih muda terkena asam urat, jantung dll. Banyak kasus keracunan makanan karena bahan pestisida. Teknologi pangan dengan transgenik yang konon/isu-isunya juga menyebabkan kanker, penyakit dll.

Nah, sebenarnya apa ada yang salah dalam diri manusia ? Apa salah hidup di lingkungan perkotaan, atau tidak cocok dengan kehidupan di desa/pegunungan? Tentunya tidak sekedar menunggu nasib dan menyalahkan mengapa manusia bisa hidup di lingkungan yang tidak cocok dengannya. Menghadapi lingkungan yang semakin tua umurnya dan tidak sesuai dengan pola manusia untuk hidup sehat, perlu kiat dan kit agar hidup sehat dan berumur panjang.

Sudah banyak didengungkan: Back to nature (kembali ke alam). itu salah satu motivasi untuk hidup yang menyelasaraskan dengan alam, yang dahulu idealnya bagus untuk kehidupan manusia. Alam yang bagaimana ? Tentunya alam yang aman dan sehat. Jika melihat kondisi alam, khususnya di lingkungan perkotaan, tentunya mendekati ideal  untuk tempat tinggal manusia cukup jauh.  Taruhlah di pemukiman pinggiran sungai besar , daerah rawan rob kawasan kota, sulit mendapatkan lingkungan yang sehat dan aman. Yang ada kekumuhan, rasa was-was terjadi banjir, rob dll. Di daerah desa/pegunungan pun tidak jarang ditemui resiko hidup di sana. Bahaya longsor, gunung meletus dll. Sekarang, bagaimana menemukan alam dengan kondisi lingkungan yang aman, sehat?

Spirit back to nature, juga bermaksud agar makanan yang dikonsumsi benar-benar dari alam yang sehat. Pola makan makanan instant yang dibuat praktis siap saji sangat dominan dikonsumsi sampai saat ini. Makanan instant banyak dijumpai dan berbagai penelitian memiliki kandungan / zat yang membahayakan tubuh manusia. Taruhlah, borak, formalin, alkohol, peyedap rasa, dll terkandung di makanan siap saji. Tidak hanya beredar di lingkungan perkotaan namun juga di pedesaan.

Sehat, Alami, Menyehatkan, yang diharapakan setiap manusia. Lingkungan yang bersih tentunya mendekati alam yang sehat. Makanan yang alami tentunya lebih bagus untuh tubuh manusia.   Pola hidup yang tidak sekedar kembali ke alam, namun justru bertahan hidup sekarang yang terjadi. Malahan sekarang sangat sulit untuk menerapkan back to nature. Andaikata sehat, alami yang menyehatkan bisa dibeli dengan uang, tentunya beberapa manusia dari manusia yang hidup bisa mendapatkannya.

Bukanya pesimis, namun tetap berharap optimis, harapan hidup sehat, alamai dan meyehatkan dapat dirasakan manusia

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura