Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

December 2012
M T W T F S S
« Aug   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


berangkat kerja, kerja dan pulang kerja……..

December 19, 2012
Filed under: Cerita Bebas — ajiksujoko @ 1:43 pm

Sekedar cerita pergi ke kantor suatu Kementerian di Jakarta. Eh, ternyata selain kantornya yang tinggi gedungnya ternyata suasana kantornya begitu terasa..hampir sebagian besar tiap ruangan untuk staf disekat dengan pembatas (partisi ruangan). Petugas keamanan sibuk dengan pengamanan. Hanya liat-liat saja…ya memang demikian suasana kantor di Jakarta (…….guman saya dalam hati). Pikir saya…apa memang kantor harus dibuat seperti itu atau kenapa,… juga tidak tau maksudnya..

Meminjam dari pengertian yang ada di Wikipedia ( Kantor (dari bahasa Belanda kantoor) adalah sebutan untuk tempat yang digunakan untuk perniagaan atau perusahaan yang dijalankan secara rutin. Kantor bisa hanya berupa suatu kamar atau ruangan kecil maupun bangunan bertingkat tinggi ).

La,….. ini,,,kantor kementerian punya ‘e pemerintah…apa juga meniru kantornya perusahaan..? apa tidak memiliki ciri tersendiri sebagai kantor pemerintah atau memang mengadopsi kantor yang dianggap ideal…? Ketika diajak berkunjung pula di kantor kementerian lainnya, iseng mendengar cerita.. kalo pejabat (Kepala Sub Bagian memiliki 1 staf). Wow….masak untuk memimpin satu orang perlu kepala..? Sangat..sangat kaya jabatan struktural..Ya, memang begitu beda dengan perusahaan yang “konon” miskin struktural namun kaya fungsional (..sekarang masih berlaku gak itu..?)…

Kalo kantor-kantor di tingkat kementerian seperti itu..,,,apa juga di tingkat bawahnya juga demikian halnya…?. Denger – denger untuk memenuhi akreditasi tertentu, Perguruan Tinggi juga berupaya merenovasi setiap ruangan yang memiliki kriteria ideal sebagai kantor. Ideal ini diwujudkan dengan memberikan batas (partisi) antar sesama pengguna ruang dalam satu ruangan.

Bisa saja perlunya partisi ruang karena terlalu luas ruang yang dibuat, atau mungkin menjaga “privasi” satu orang sama lainnya. Didukung “iklan” desain kantor baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sepertinya tidak bisa membendung kebutuhan untuk membatasi satu atau beberapa orang dalam ruangan.

Setiap orang bekerja di kantor hanya “serius”  dan so sibuk dengan pekerjaannya masing-masing..kalo di Jakarta berangkat kerja so sangat pagi-pagi dan pulang always sore bahkan lembur..dan bahkan disertai suasana macet lalu lintas. Suasana dan lingkungan yang mendukung untuk “stress”. Dari berangkat kerja, kerja dan pulang kerja…..bahkan sampai tidak pulang kerja ( lembur bro…….  ).

Bekerja di suasana kantor yang begitu “individualis” sekali….bertemu kalau ada jam pertemuan, ataupun jam istirahat yang bahkan tidak ada istirahat sama sekali. Suatu konsep suasana kerja yang berbeda dengan kebutuhan manusia untuk saling berinteraksi dengan sesama. Bahkan pimpinan setiap bagian begitu sangat “mendominasi” untuk disegani/ ditakuti stafnya. Bekerja yang berorientasi pada output & tujuan, saling berkompetisi agar mendapatkan promosi jabatan, namun mengabaikan interaksi sesamanya. Sungguh tidak nyaman.

Belum mendengar jejak pendapat atau penelitian tingkat stress seseorang yang berkerja dalam suasana kantor yang “individualis”. Namun anehnya, pekerja/ staf berangkat kerja, kerja dan pulang kerja seperti hal yang sudah terbiasa. Apa tidak ada perubahan ?

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura