Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

December 2016
M T W T F S S
« Jul   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


Guru kencing berdiri, murid kencing berlari…

December 27, 2016
Filed under: Cerita Bebas — ajiksujoko @ 9:25 am

Entah kenapa, setiap memasuki ruang urinoir atau kamar mandi di tempat umum atau bahkan di hotel, teringat peribahasa “guru kencing berdiri, murid kencing berlari.”  Entah itu peribahasa yang menunjukkan kiasan suatu perbuatan/perkataan atau keadaan yang sesuai kenyataan. Ya harap maklumlah, orang “ndeso” kebiasaan kencing (buang air kecil) gak pake berdiri, kecuali darurat. Itu peribahasa yang biasa diajarkan oleh bapak/ibu guru ketika masih sekolah dasar. Mungkin itu cara bapak/ibu atau pun orang tua mendidik anak atau muridnya menjadi anak/murid yang baik.

Peribahasa tersebut kiranya tidak sekedar mengingatkan anak/murid, namun juga semoga bapak/ibu guru atau pun orang tua juga berharap memberikan contoh perilaku yang dapat ditiru oleh anak-anak atau murid-muridnya. Pernah mendengarkan, pak guru ngaji mengajarkan adab / tata kerama ketika kencing. Bahkan ketika akan memasuki atau pun meninggalkan ruang / tempat kencing saja diajari tata keramanya. Yang saya pahami memang, “beliau-beliau” para guru ngaji mengajari ketika kencing dalam posisi tidak berdiri. Artinya dalam keadaan jongkok, baik itu laki-laki atau pun perempuan. Posisi jongkok pada umumnya dalam keadaan tidak berhalangan untuk tidak berdiri. Misalnya dalam keadaan kaki sakit karena sulit untuk jongkok, atau pun kondisi darurat ruang kamar mandi/ WC yang tidak memungkingkan untuk jongkok.

Tempat urinoir di tempat umum biasanya disediakan untuk posisi berdiri. Entah itu dibuat dari sisi praktisnya atau mengadopsi “entah dari mana”, gak tau  lah. Yang jelas, biasanya air bersihnya bisa keluar sendiri atau dengan “dipencet” setelah prosesi kencing dilakukan. Bahkan ada juga, dijumpai tisu disamping urinoir. Mungkin saja dimanfaatkan untuk membersihkan sebagian “anggota badan” dari sisa-sisa air kencing. Era sekarang, mungkin beda dengan era dahulu. Teknologi tempat urinoir sekarang mungkin beda dengan jaman dulu “alias jadul” bahkan tempat BAB yang bisa dipakai sambil jalan udah ada…ya itu….”pampers” alias diaper. Namun adab kencing tak  akan lekang jaman hanya mengikuti perkembangan jaman atau pun teknologi.

Ruang  kamar mandi/ WC atau tempat kencing umumnya merupakan tempat untuk ruang privat, karena menyangkut kebutuhan privasi seseorang. Namun juga ditemui tempat/ruang privasi ini berada di lokasi yang terbuka. Misalnya di sungai, kolam mandi. Kalo di desa, era lampau dan kekinian sabagian (mungkin sudah langka) masih menggunakan sungai untuk kebutuhan ketika mandi, sampai buang air besar dan kencing. Kalau daerah pegunungan mungkin masih sangat memungkinkan. Karena kondisi air masih bagus dan jernih. Lain halnya kalau di kota-kota besar. Mungkin kondisi airnya sudah berubah warna dan berbau, sehingga kebutuhan mandi dan lainnya di sungai untuk tidak memungkinkan.

Memang belum ada penelitian secara ilimiah, hubungan antara ketika kencing dengan berdiri yang dilakukan oleh guru, dengan perilaku anak/murid-muridnya. Namun demikian, ketika tidak sedang berhalangan untuk jongkok, adab/tata kerama yang baik untuk kencing adalah dengan posisi jongkok seperti yang diajarkan guru-guru ngaji. Setidak-tidaknya sebagai seorang guru atau pun orang tua memberikan contoh adab/tata kerama ketika kencing. Mungkin “hal kecil” yang dirasa sepele dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Memberikan contoh kepada anak/murid tidak selalu ketika terlihat oleh mereka. Bahkan ketika di dalam kamar mandi/WC. Ya, harapannya sebagai seorang guru/orang tua berharap agar anak/muridnya memiliki perilaku yang lebih baik. Setidaknya anak/murid “malu” ketika kencing berdiri.

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura