Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

December 2016
M T W T F S S
« Jul   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


Kontrak , antara nasib dan optimis….

December 27, 2016
Filed under: Cerita Bebas — ajiksujoko @ 12:23 pm

Saya ingat , punya teman…kerja nya sih di suatu perguruan tinggi..negeri lagi..ah, pikir saya dia itu ya pegawai lah..maksudnya pegawai negeri gitu…mungkin salah satu jenis dari asn…aparatur sipil negara, kira-2 begitu..ternyata dia nya masih kontrak. Tak tanya…kalau kontrak itu gimana ? jawabnya; ya diperpanjang tiap tahun, kalau akhir tahun membuat lamaran kerja lagi, terus disodorkan ke bagian kepegawaian, kemudian dibuatkan sk oleh pimpinan..

Saya hanya berguman…oo..gitu..saya timpali ..kalo menurut saya pribadi sih, kalau tenaga kontrak kalau dipakai terus ya jangan seperti gitu …sekaliyan kalo emang mau diangkat menjadi pegawai- ya diangkat sekaliyan…bikin kerja gak nyaman..gak ada kepastian..kalo menurut saya sih, mending menjadi tenaga tetap, tapi non pns…ah, sukur-sukur diangkat pns……….dia bilang; ya cocok itu,,,,…

Ya memang kalo mengangkat tenaga kontrak itu sah-sah saja..kalo ingat tenaga kontrak itu ingatnya aturan ketenagakerjaan sebagaimana diatur oleh uu mengenai ketenagakerjaan…mungkin lain lagi ketika membahas tenaga kontrak di instansi pemerintah, seperti di perguruan tinggi negeri. Mungkin rujukannya aturan mengenai asn. Yang ditemui dalam asn mungkin beda istilah yang namanya tenaga kontrak, namun istilahnya yang dikenal Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK.

Mungkin ada perkembangan metode baru mengenai manajemen kepegawaian seperti tenaga kontrak seperti nasib temen saya itu..saya juga punya temen lain, yang nasibnya juga menjadi tenaga kontrak…kalau job nya sih…ditempat strategis dalam fungsinya organisasi..dimana jobnya tersebut berkelanjutan, tidak hanya selesai dalam 1 bulan atau 1 tahun…namun seterusnya…mungkin menurut saya job nya cocok untuk mereka yang sudah diangkat menjadi pns…kalo kemampuannya mungkin tidak kalah dengan mereka yang sudah menjadi pns. Ya itu tadi,,,nasibnya masih menjadi tenaga kontrak…

Dulu, ketika jamannya pak sby…banyak tenaga kontrak yang diangkat menjadi pns…dengan proses “pemberkasan”…namun setelah era pak sby diganti,,program tersebut akhirnya kandas..malah isu yang cukup santer adalah pemangkasan jumlah pns. Mungkin tenaga kontrak yang tidak terangkut proses pemberkasan, nasibnya saja yang belum mujur…atau bisa jadi, sebenarnya sudah masuk pemberkasan, namun sudah sampai K yang Kaberapa, kebijakannya sudah berganti..(alias tinggal Kenangan)..

Mungkin rasa pesimis ada, namun harapan optimis diangkat menjadi pns tetap terbuka. Semoga bergantinya pimpinan menambah perubahan pada nasib kawan-kawan saya yang belum diangkat menjadi pns. Semoga saja terbuka pengaturan ulang aturan yang menyesakkan bagi kawan-kawan tenaga kontrak yang berharap banyak menjadi pns..

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura