Ajik Ajik
Web Blog Undip Web Blog Undip

Calendar

April 2019
M T W T F S S
« Jun   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Main

Categories:

Archives:


Links

Meta:


Technopark di Kampus PTN Badan Hukum

April 26, 2019
Filed under: Articel — ajiksujoko @ 4:25 pm

Sejalan dengan praktek dan status Perguruan Tinggi sebagai PTN Badan Hukum, banyak peluang besar yang bisa manfaatkan karena memiliki status tersebut. Peluang yang besar seyogyanya diarahkan mendukung visi dan misinya. Tidak dipungkiri untuk memenuhi kebutuhannya, sebagai PTN-BH memerlukan dana yang “ekstra”.  Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan dana yang “ekstra” tersebut adanya peluang dengan mengusahakan mendirikan badan usaha. Hal ini akan lebih baik dilakukan ketimbang menarik sumbangan pendidikan yang tinggi dari mahasiswa. Justru akan memberikan contoh enterpreneur kepada mahasiswa dan masyarakat. Selain memberikan contoh enterprenur, sumbangan pendidikan dari mahasiswa seharusnya rendah apabila investasi badan usaha yang didirikian PTN-BH ada hasilnya. Mungkin itu salah satu agar untuk mengusahakan pendidikan tinggi dengan biaya ringan bagi rakyat dan memberi manfaat, bukannya biaya pendidikan makin lebih tinggi.

Sebagai PTN-BH, dia dianggap sebagai badan hukum publik otonom, apabila mendirikan badan usaha sebaiknya bercirikan hukum privat, baik yang bebentuk badan hukum atau bukan badan hukum. Dengan bercirikan badan usaha sebagai hukum privat, maka ia akan bebas untuk menetapkan dan mencari keuntungan. Misalnya mendirikan usaha yang strategis seperti perbankan, perhotelan, bisnis berbasis on-line, bisnis syariah maupun usaha lain yang menjanjikan dari sisi ekonomi. Bisa jadi kolaborasi yang dibuat PTN-BH dengan membuat badan usaha dapat menumbuhkembangkan technopark. Technopark adalah suatu kawasan yang menampung fasilitas litbang dan inkubasi yang mempersiapkan suatu temuan (invensi) menjadi produk yang laku di pasar (Soeroso, 2009).

Untuk membuat suatu technopark dibutuhkan ruang/lokasi. Sangat menarik jika kosep suatu area pendidikan berkelas perguruan tinggi menjadi technopark. Mengutungkan sekali jika wilayah suatu kampus tertata dan menjadi pusat (center) tidak hanya untuk pendidikan, namun juga wilayah untuk usaha mencari profit atau pun dalam rangka penelitian. Peluang memiliki technopark dimiliki PTN Badan Hukum. Namun demikian, bagaimana untuk mewujudkannya? sementara tata ruang di kampus belum adanya penataan ruang yang bagus.

Master plan atau ruang di wilayah kampus untuk menjadi technopark dibagi dalam 4 ruang

  1. Ruang/area pendidikan,
  2. Ruang/area bisnis,
  3. Ruang/area wisata,
  4. Ruang/area penelitian

Meskipun konsep technopark merupakan suatu kawasan, namun wilayah pendidikan jangan dicampur dengan dua area lainnya; bisnis dan wisata. Untuk area penelitian ia bisa mengikuti ketiga area lainnya.

Konsep technopark di area kampus merupakan konsep yang cukup komplek dari sisi ekonomi, sosial maupun sisi regulasi. Sisi ekonomi, cukup membutuhkan biaya yang besar. Sisi sosial akan memiliki dampak sosial terhadap lingkungan/kehidupan di dalam kampus atau di luar kampus baik. Aspek regulasi, mengenai aturan yang belum ada atau kurang.

Secara terori dan praktiknya, dengan KPBU salah satu solusi untuk membuat technopark di area kampus, khusunya PTN Badan Hukum.

Share on Facebook

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. | TrackBack URI

Leave a comment

XHTML ( You can use these tags): <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> .

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

*


Sunflowers Theme by Pello Xabier Altadill Izura